technical analysis | analisa saham
Apa itu Technical Analysis?
July 9, 2015
candlestick pattern | cara membaca candlestick
Candlestick, The BASIC
July 10, 2015

Kiat SUKSES Berinvestasi

kiat sukses berinvestasi | investasi saham

All About Stock Market

kiat sukses berinvestasi | investasi saham

Ada beberapa kiat sukses dalam berinvestasi, namun salah satu kunci nya yang paling berperan adalah mindset investasi yang benar dari seorang calon investor. Disinilah letak rahasia yang terbesar dalam berinvestasi. Kenapa? karena dengan mempunyai mindset investasi yang benar maka investasi akan dilakukan dengan resiko yang terukur dan proposional.

Kiat-kiat itu antara lain :

  1. Kenali diri anda.
    Dengan mengenal diri sendiri maka kita dapat menentukan jenis investasi apa yang paling ‘cocok’ buat Anda dapat menilai sendiri apakah saya tipe seorang risk taker atau  risk avoid. Sebab, tidak ada gunanya berinvestasi di saham jika fluktuasi pergerakan harga saham membuat jantung anda dag dig dug dan malah bergadang. Hehe…
  1. Tentukan tujuan anda berinvestasi..
    Dengan mengetahui tujuan anda dalam berinvestasi, maka membuat anda fokus dan jenis investasi apa yang akan anda ambil, apakah short term investment atau long term investment. Contoh short term investment adalah deposito, jika investasi jangka panjang biasanya lebih dari 1 tahun maka investasi dalam bentuk obligasi atau reksadana.
  1. Pelajari jenis
    Ada banyak varian bentuk investasi yang masing masing mempunyai keunggulan dan kelemahan masing masing. Sekali lagi ketahuilah tipe diri anda maka dengan mudah anda tahu jenis investasi macam apa yang paling nyaman buat anda. Hal hal yang berkaitan dengan jenis/instrument investasi itu seperti tingkat resiko, nilai investasi dimasa mendatang, alokasi investasi, kemudahan top up dan withdraw dana yang diinvestasikan.
  1. Waktu yang terbaik
    Waktu yang terbaik berinvestasi adalah sekarang. Jangan tunda untuk berinvestasi,,semakin dini berinvestasi maka hasil yang diperoleh akan relatif lebih baik dengan jangka waktu yang paling optimal.
  1. Selalu lakukan evaluasi
    Selalu lakukan evaluasi secara berkala dan usahakan selalu mengambil hikmah dari setiap kesalahan yang mungkin bisa terjadi. Everybody make a mistakes tetapi investor yang smart selalu mengambil belajar dan belajar untuk menjadi lebih baik dimasa mendatang.

 

Sampai berjumpa di artikel belajar pasar modal berikutnya – TAKE ACTION NOW!

Salam Sukses – Happy Trading

Comments are closed.