gambaran umum pasar modal | saham tlkm
TLKM Menguji Level Resisten di 2.955
July 3, 2015
analisa saham|analisis teknikal|indikator trading
Indikator Trading, PERLUKAH? AKURAT KAH?
July 4, 2015

IHSG Menguji Level Support di 4.900

gambaran umum pasar modal | analisa saham

Stock & Market Overview

gambaran umum pasar modal | analisa saham

Pergerakan IHSG (based on weekly chart) terlihat menguji level support nya di angka 4.900 periode 8 Juni 2015 hingga 3 Juli 2015 dan masih bergerak dalam pola sideways. Level ini merupakan level psikologis namun apakah level ini bisa bertahan atau tidaknya ditengah polemik keuangan di Yunani maupun  isu isu domestik sendiri  tidak bisa dipastikan. Jika level support ini bisa ditembus maka ada kemungkinan IHSG akan bergerak ke level support berikutnya di kisaran 4.500. Mungkinkah? hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Sebagaimana yang kita ketahui hasil referendum di Athena tanggal 6 Juli 2015, sebagian besar rakyat Yunani -/+ 61 % menolak dana talangan yang diajukan Kreditur Eropa dan IMF dan dikhawatirkan menimbulkan polemik keuangan global. Dan dampak nya bagi Indonesia masih belum ‘terasa’ secara langsung, tetapi disatu sisi reaksi regional market bisa jadi mempunyai pengaruh langsung terhadap IHSG seperti rilisnya sejumlah data-data ekonomi Australia dan China. Dan pergerakan IHSG beberapa hari terakhir ini juga terlihat masing gamang (indecision).

Hal apa yang bisa kita pelajari? diharapkan untuk sementara ini untuk tidak trading secara agresif, walaupun opportunity itu akan selalu ada di berbagai situasi market. Ketatkan trailingstop maupun batas stoploss anda.

Happy Trading !!

Comments are closed.