teknikal analisa|analisa saham
FELE, Testing Level Support di $ 32
July 6, 2015
analisa teknikal | analisa fundamental | analisa saham
Analisa Teknikal VS Analisa Fundamental, Mana Yang Lebih Penting?
July 9, 2015

Trading Plan (Plan Your Trade – Trade Your Plan)

trading plan | belajar saham

Trading Psychology

trading plan | belajar saham

Tahukah anda apa yang membedakan antara trader amatir dengan professional, tidak lain adalah TRADING PLAN. Terdengar sepele namun dengan mempunyai trading plan ibaratnya Anda memiliki peta peperangan sebelum bertempur di bursa.

Apa sih Trading Plan itu? sederhananya hanya merupakan RENCANA TERTULIS Anda tentang saham apa yang akan dibeli, berapa banyak, diharga berapa, dengan target berapa dan berapa biaya cutloss-nya. Simple??

Simple tetapi tidak semua trader dapat melakukannya dengan konsisten, bahkan ketika Trading Plan sudah disusun, pada saat trading malah “terkontaminasi” noise-noise di market sehingga Trading Plan nya menjadi BUBAR sehingga yang seharusnya di beli tidak jadi dibeli, yang seharusnya tidak dibeli malah dibeli. Pernahkah anda mengalaminya?

Trading Plan dapat menjadi tolok ukur kinerja bagi para trader. Trading plan dapat juga dikatakan blueprint sukses dalam trading.

Why I Must Create Trading Plan?

  1. Trading itu bisnis bukan permainan. Jadi perlakukan trading anda sebagai bisnis yang nyata. Sebuah bisnis agar berhasil harus memiliki perencanaan agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien dan dapat diukur kinerjanya. Demikian pula dengan bisnis saham.
  2. The Market is the Boss!
  3. 1. The Boss Rules is The Boss is Always Right.

    2. If the Boss Make A Mistakes, See Rule No. 1.

    Nah, artinya satu satunya yang dapat Anda kendalikan adalah diri Anda sendiri, jadi dengan menyusun trading plan sama dengan Anda mengkontrol diri sendiri untuk menghindari tindakan-tindakan yang tidak terarah.

  4. Trading Plan merupakan tool untuk me-review kinerja trading anda, sehingga Anda dapat melakukan evaluasi atau perbaikan strategi trading.

     
Lalu tujuannya apa? Tidak lain agar trader mempunyai rencana yang sistematis dan terarah dengan tujuan mengurangi trading dengan emosi. Salah satu yang menyebabkan kegagalan adalah tidak mempunyai rencana trading yang baik, sehingga trading menjadi tidak fokus dan tidak ada panduan juga.

Berikut beberapa panduan dalam menyusun trading plan:

  1. Apa motivasi saya dalam trading?
  2. Tentukan siapa dulu diri anda? Trader atau investor
  3. Buat target trading dan target personal
  4. Bagaimana dengan trading skill anda? cukup atau masih perlu di upgrade.
  5. Analisa resources anda (modal,infrastructure)
  6. Money Management & Trading Strategy
  7. Susun dalam bentuk kualitatif dan kuantitatif
  8. LAKUKAN apa yang anda tulis!

Semoga Bermanfaat and Happy Trading…

Comments are closed.