trading saham is fun

Trading Psychology

trading -saham is fun

Dimulai dari tahun 2010 ketika saya masih newbie di dunia pasar modal dan mengalami Big Loss di US Market dan akhirnya “menyumbang” di pasar modal US lewat saham yang berkode AAPL, saat itu yang bisa saya lakukan adalah TERSENYUM didepan monitor dan menertawakan diri sendiri sembari berkata “How Stupid I Am“, “Whats wrong with my analysis?” (Untung gak gila yaa..)  Pertanyaan itu terus mengiang-ngiang dipikiran saya saat itu. Nah setelah melakukan review dan beristirahat sejenak dari dunia pasar modal kurang lebih selama 3 bulan, Nah peristiwa itu akhirnya membawa saya pada satu hal baru yang harus dipelajari oleh setiap trader / investor yakni Psikologi Trading.

Ternyata untuk memulai trading tidak hanya dibutuhkan skill teknikal namun juga harus mempunyai mindset yang benar tentang trading dan mental yang siap untuk menerima resiko, dan pertanyaannnya berubah “Mau Profit berapa?” menjadi “WHAT IF?” (Bagaimana Jika) . Dengan adanya perubahan mindset maka sikap kita didalam trading akan juga menjadi berbeda. Hal ini sudah saya buktikan sendiri selama berkecimpung dalam dunia pasar modal hingga saat ini, trading menjadi agak “relax” karena kita sudah tahu apa yang harus kita lakukan jika kondisi market tidak sesuai dengan harapan dengan kata lain kita sudah tahu pintu keluarnya jika terjadi hal hal diluar kendali.

Lalu dimana “FUN” nya ? Trading jelas mengasyikkan jika trader memperoleh profit tapi bagaimana jika mengalami kerugian? Soal profit dan rugi itu sudah pasti terjadi  di  dunia trading tetapi  yang saya maksud disini bahwa didalam trading terkandung unsur seni, yakni seni bergerilya (bergerilya mencari saham yang oke di area tertentu),  seni berburu (menunggu momen yang tepat sebelum mengambil posisi entry),  dan satu hal yang tak terlewatkan yakni seni mengenal diri sendiri (Tipe orang seperti  apa diri saya terhadap uang). Nah itu sisi yang saya sebut dengan jargon TRADING IS FUN

Disadari atau tidak, setiap trader pasti akan menghadapi berbagai ‘kendala’ atau kondisi yang tak terduga di bursa, disitulah peran psikologi para trader mulai berjalan, dan salah satu cara untuk mengeliminasi emosi tersebut adalah dengan menyusun TRADING PLAN. Dengan demikian STOCK TRADING merupakan Pleasureness ( Pleasure and Business) yang asyik jika kita sudah memahami cara cara trading yang oke punya dan persiapan mental serta mindset yang benar. Siip dah.

Salam Sukses – Happy Trading !