trend saham | belajar saham | analisa saham
Understanding of Trend
July 15, 2015
trading saham is fun
Trading Is Fun!
July 15, 2015

Patience Is A Gold

trading psychology | psikologi trading

Trading Psychology

trading psychology | psikologi trading

Patience Is A Gold – Kata-kata yang diucapkan Warren Buffet bahwa Bursa adalah Alat Transfer Uang dari Orang Yang Tidak Sabar ke Orang Yang Sabar. Apa yang dikatakan Bapak Investasi ini sungguh menggelitik hati dan pikiran saya. Ternyata sikap sabar itu akan selalu diperlukan didalam setiap aspek kehidupan baik didalam lingkungan pekerjaan, pergaulan dan didalam keluarga.

Dalam dunia trading, sikap sabar juga diperlukan, bahkan tanpa kesabaran para trader bisa “tersandung” didalam mengambil posisi entry atau exit. Dan ujungnya berakhir dengan kerugian.

Kenapa saya bilang sabar itu adalah emas, karena untuk bisa sabar itu ibaratnya mencari emas dan harta karun seringnya tidak didapat dalam waktu semalam, butuh proses untuk bisa memperolehnya.

Hal yang sering terjadi ketika seorang trader akan mengambil posisi entry dimana dengan trading plan nya sudah disusun, ternyata di executed  tidak sesuai dengan trading plan dengan berbagai macam alasan sehingga berpotensi terkena jebakan batman yang kadang bisa terjadi di bursa. (pullback)

Begitu juga saat trader akan exit dari posisi, di executed lebih awal dari range target price nya. Apakah itu salah? tentunya tidak juga, semua bergantung pada kondisi market saat itu. Namun yang mau saya sampaikan disini, bahwa salah satu penunjang kesuksesan dalam trading adalah KESABARAN. Tanpa kesabaran seringkali membuat trader kehilangan momentum.

Jadi, mari kita mulai dari sekarang belajar untuk sabar menunggu momentum dengan mengikuti Trading Plan yang sudah disusun, jangan mudah terpengaruh “noise” yang berkeliaran disekitar kita, hal ini bisa membuat keyakinan kita goyah dan membuat kehilangan fokus dalam trading. Ingatlah, kesabaran dan psikologi trading saham yang baik akan berbuah manis disuatu saat nanti.

Dan saya percaya itu….

Salam SUKSES – Happy Trading!

Comments are closed.