Belajar Saham dan Investasi itu Penting!

belajar saham

belajar saham

Belajar Saham dan Investasi itu Pentingkah? Tahukah anda apa yang menjadi ciri-ciri umum orang-orang terkaya di negara kita atau di seluruh dunia?. Sederhana saja, hampir semua dari mereka memiliki banyak aset dalam bentuk properti dan saham.

Namun banyak orang tidak memiliki pemahaman yang tepat tentang pasar saham dan dunia investasi. Mereka menjadi patah semangat ketika mereka mendengar ada orang-orang yang mengalami kebangkrutan ketika berinvestasi / trading di pasar saham atau biasa dikenal dengan istilah market.

Berita baiknya, sebenarnya Anda tidak akan kehilangan semua uang / modal Anda jika Anda mampu melakukan analisis Anda sendiri sebelum berinvestasi. Yang lebih penting, Anda harus memiliki rencana strategi untuk investasi Anda.

Sering kita mendengar begitu banyak cerita dari investor atau trader yang mendadak menjadi kaya dalam semalam karena trading  saham, dan tentu saja ada juga investor atau trader yang mengalami kerugian yang luar biasa. Apa sih yang membuat mereka “bernasib” berbeda?.

investasi

Investor atau Trader yang menderita kerugian yang besar, pada umumnya adalah para “spekulan” yang hanya fokus pada keuntungan jangka pendek dan banyak dari mereka hampir tidak tahu latar belakang perusahaan yang mereka beli sahamnya. Harusnya sebagai seorang investor, ada baiknya untuk mempertimbangkan historical data dan prospek kedepan dari perusahaan yang sahamnya akan kita beli.

Hal yang sangat penting yang harus diingat dalam benak Anda selalu, bahwa Anda harus memperlakukan investasi saham seperti investasi / bisnis lainnya seperti properti atau sebuah bentuk usaha bisnis baru yang memerlukan sikap bijaksana didalam mengelolanya agar menghasilkan keuntungan yang berkesinambungan dimasa depan. Jadi, sebelum kita masuk ke market baik itu untuk berinvestasi ataupun melakukan aktifitas Trading, ada baiknya kita kaji mengapa belajar saham dan investasi itu merupakan salah satu hal yang penting dalam hidup Anda dan Saya.

Robert T.Kiyosaki, seorang penulis dan pakar dibidang keuangan mengatakan demikian:

robert t kiyosaki

Kalau saya terjemahkan secara bebas: “Kebanyakan orang tidak akan pernah makmur padahal itu mudah, lantas kenapa? Karena mereka tidak pernah dilatih untuk mengenali/membaca adanya suatu peluang usaha yang ada sudah ada diantara mereka sendiri.”

Nah, pelajaran apa yang dapat kita ambil? dan mengapa kita perlu ber investasi ? paling tidak ada dua alasan utama mengapa pentingnya ber investasi:

  1. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang, karena itu, banyak orang melakukan investasi untuk guna memperoleh kehidupan yang ‘wealthy’  di masa mendatang, tahu kenapa ? sederhana saja,  karena manusia cenderung hidup lebih lama dan oleh karena itu memerlukan uang untuk menunjang kehidupan mereka.
  2. Manusia mempunyai kecenderungan untuk memiliki lebih daripada kekurangan, tul nggak?. Dengan berinvestasi, seseorang akan mempunyai beberapa pilihan dimasa mendatang dan tentunya dengan sendirinya akan berusaha meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik dari sebelumnya.

Disini, saya memberikan sebuah alternatif investasi yaitu instrumen saham dan ini merupakan bentuk investasi yang cukup menguntungkan asal kita tahu caranya. Cukup membeli saham dari sebuah perusahaan yang sudah go public (disebut emiten), bisa membuat pemegang saham mendapatkan capital gain sebesar nilai saham yang dialokasikan dalam perusahaan tersebut. Namun yang harus dipahami adanya sebuah resiko didalam investasi tsb., yakni volatilitas harga.  Artinya, harga saham bisa bergerak naik dan bisa bergerak turun.

Nah, disinilah banyak orang menghindari berinvestasi di saham karena naik turunnya nilai saham mempunyai resiko yang tinggi. Bicara resiko, sebetulnya setiap bentuk investasi mempunyai resiko tersendiri, yang penting adalah bagaimana kita mengelola resiko itu agar kita dapat meminimalisir kerugian dan memaksimalkan keuntungan. Namun disatu sisi ada hal penting yang harus dipahami, apa itu?“.

“SESUNGGUHNYA RESIKO ITU ADALAH ANDA”

THE RISK IS YOU !

belajar investasi saham

Ya!, kitalah resiko itu dibandingkan dengan saham itu sendiri  jikalau kita tidak mempunyai pengetahuan yang memadai soal investasi dan bagaimana menghasilkan keuntungan dalam bursa saham!.

Nah, untuk itu sebelum kita memasuki dunia pasar modal / bursa saham, sudah seharusnya kita mempersiapkan diri kita sendiri dengan pengetahuan investasi dan technical skill yang memadai, dengan demikian kita tahu apa yang harus dilakukan didalam menghadapi situasi bursa yang begitu dinamis dan penuh tantangan.

Tips Belajar Saham dan Investasi

Berikut tips dalam belajar saham dan investasi,

  1. Mempunyai passion yang tinggi terhadap dunia investasi.
  2. Membaca buku-buku investasi dan saham.
  3. Mengikuti kelas-kelas pelatihan investasi dan trading
  4. Mempunyai mindset yang benar terhadap investasi dan resiko.
  5. LAKUKAN apa yang sudah dipelajari dengan penuh kedisiplinan.

Bagi teman-teman yang mau belajar apa itu trading saham dan bagaimana membuat keuntungan di bursa saham sekaligus membuat bisnis saham, hubungi kami untuk belajar lebih komprehensif. Kami menyediakan kelas-kelas workshop maupun private training (terbatas hanya untuk 2 orang saja setiap bulannya).

Demikian dan semoga bermanfaat…

Salam Sukses and Happy Trading!

Johan Liem